River Tubing Seru dan Hemat di Sumber Maron

Setelah beberapa kali janjian yang batal karena ngerasa terlalu siang buat berangkat, akhirnya kita bisa juga main ke tempat wisata yang lagi naik daun ini. Lokasi sumber maron ini memang cukup jauh dari Malang kota. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam berkendara dengan motor ke arah Gondang Legi. Nggak terlalu susah sih untuk mencapai lokasi sumber maron ini. Kamu bisa menuju terminal hamid rusdi (gadang) lalu ambil arah menuju kepanjen via kendalpayak, jalan lurus terus sampai nemu percabangan ambil arah ke gondang legi, bila ada perempatan yang menunjuk arah kepanjen ambil jalur lurus dan ikuti jalurnya sampai masuk ke desa karangsuko, lokasinya ada di kanan jalan dengan plang yang memang sulit ditemukan jadi jangan lupa perhatiin jalan. Kalau bingung, ya nanya dongs sama warga atau kalau malu bisalah pake google maps atau waze.

Liburan singkat kesini wajib banget beramai-ramai, biar makin seru. Lagi pula gak ngabisin banyak duit kok kalau mau main disini alias hemat beb! Kamu cuma perlu bayar parkir Rp2.000, sewa ban untuk rafting Rp5.000, dan bayar biaya kamar mandi Rp2.000 aja, yah sama sekalian jajan sempol lah yang harga satuannya cuma Rp500 aja.

Dan apa yang kamu dapat kalau datang kesini?
Main air seru dengan aliran yang cukup deras dan bersih! Kamu bisa renang-renang di kolam sumber yang penuh dengan ikan, pijet air sekaligus bergaya di air terjun kecil yang cantik, menikmati pemandangan persawahan yang hijau, flying fox yang melintas diatas sungai, menikmati sempol jajanan khas dari daerah kepanjen, dan yang pasti seru-seruan river tubing dong. Lihat nih serunya kita main-main disini.

This slideshow requires JavaScript.

Pokoknya sumber maron wajib masuk list kamu buat liburan singkat deh. Emang sih untuk river tubing disini, jalurnya termasuk pendek cuma sekitar 300 meter (kalo ga salah yak) dan keamanannya juga kurang karena kamu cuma bermodal ban truk doang jadi harus ekstra awas terutama pas lewat banyak batu dan akar pohon. Tapi masih worth it banget deh buat dirasain! Jeram-jeramnya singkat tapi bisa bikin kamu teriak-teriak girang, pokoknya jaga keseimbangan deh kalau ga mau sering kejungkel kayak yg kita alamin, hahaha. Lebih seru lagi kalau bikin barisan panjang pas tubing, bener-bener rempong, teriak-teriak bikin malu tapi jadi pengalaman ga terlupakan.

Ada beberapa saran nih dari kita buat kamu yang mau kesini. Pertama, jangan lupa bawa action cam kamu plus housingnya, biar bisa foto kece di air dan ga takut kamera kamu rusak, kalau nggak punya mending beli deh waterproof case buat hape. Dan jangan lupa bawa kain untuk lap embunnya. Kedua, pakailah sunblock! Meskipun matahari tidak terlalu menyengat tapi tetep bisa bikin badan kamu belang. Ketiga, bawa baju ganti dan perlengkapan mandi. Keempat, buat kamu yang berbadan cukup tambun, pilih ban yang besar dan cek anginnya dulu sebelum dipakai tubing, biar ga kejungkel terutama pas kena jeram. Dan yang terakhir dan utama banget nih, jangan lupa untuk selalu menjadi responsible tourist & traveler kemanapun kamu pergi. Jangan ambil apapun selain foto dan pengalaman, jangan tinggalkan apapun selain jejak, dan jangan bunuh apapun selain waktu.

Happy traveling, guys!

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s