Our Future Business Plan : Ranselsibungsu Budget Hostel

Beberapa minggu yang lalu, kami membaca salah satu artikel menarik yang menggugah semangat kami berdua. Salah satu artikel menarik dari website hipwee yaitu tentang ide bisnis bagi mereka yang suka jalan-jalan. Nah, salah satu pilihan ide yang menarik bagi kami ialah membuka jasa penginapan. Pas banget dengan ceplosannya naya beberapa waktu lalu, kalau ingin suatu saat punya hotel ataupun penginapan sendiri dengan dekorasi yang lucu dan menarik. Akhirnya jadilah kami diskusi via line dan setujulah kami untuk mewujudkan impian ini bersama suatu saat nanti.

Ternyata ide ini jadi salah satu pecutan juga buat kami untuk semakin giat menabung, ya meski dengan duit seadanya, hahha. Dan sekarang, tiap kali kami ketemuan pasti akan sedikit-sedikit bahas tentang ide ini. Pokoknya kayak berasa mau dibikin besok deh itu penginapan impian, hahaha. Yang ngomongin lokasi yg enak dimana, bentuk bangunan yang bisa kami sewa tuh kayak gimana, dekorasinya nanti gimana, tempat tidurnya macem apa, dkk dkk deh. Emang enak yak ngomongin khayalan tentang masa depan, mimpi yang akan kami usaha realisasikan. Seru!

Jadi, penginapannya nanti sih kita niatnya dari usaha yg paling terjangkau aja dulu dengan modal kami dan masih sangat jarang di kota Malang ini yaitu bentuk dorm. Selain biaya modalnya murah, kembali modalnya juga sepertinya lebih cepat karena kita kemungkinan akan memasang harga ala backpacker yang pasti menarik banyak pengunjung. Yah meski kami belum pengalaman traveling ke beragam daerah dan masih berkategori newbie, kami juga sadar kalau setiap pelancong pasti butuh biaya akomodasi yang murah kalau bisa sudah harganya murah, kualitasnya oke punya, dan lokasinya strategis. Ya kan, pasti elo banget kan? hahaha. Nah makanya dengan semangat ‘membuat penginapan dengan harga ala backpacker dengan pelayanan dan kenyamanan ala hotel berbintang‘ kami pun membuat sedikit coret-coret tentang konsep penginapan kami yang kemungkinan akan kami beri nama : Ranselsibungsu Budget Hostel.

 And this is our concept
Harga : +- Rp85.000 – Rp150.000 (perbandingan harga rata2 hostel tahun 2015)
Lokasi : Kota Malang, cari ruko 3 lantai di daerah klojen, kayu tangan, splendid, atau ijen
Jenis kamar : Dorm pisah cewek/cowok, 1 room 8 bed shared bathroom plus breakfast
Jam check-in/check-out : 13.00 / 12.00 WIB

Nah konsep dekorasinya nanti maunya begini : tema utamanya adalah Ngalam Vintage. Bagian view luarnya nanti bangunannya di cat putih dengan design kayak ala cafe di eropa gitu biar asik buat foto-foto, kalau bisa disediain ruang di depan hostelnya untuk parkir sepeda vintage yang bisa disewain ke pelancong yang menginap. Tapi meski dari luar keliatan vintage ala eropa, pas masuk kita set hawa malang banget dengan dekorasi yang lebih melokal. Resepsionisnya 24 jam dan nyediain jasa pemesanan tour, travel, & transportation (ambil dari RS Tour&Travel punya keluarga naya aja), flyer wisata simple, juga ngasih peta wisata malang-batu (yg kemungkinan dibuat sendiri), penawaran jasa laundry dan ngejual jas ujan dan universal charger. Penjaganya juga akan meminta deposit sekitar Rp50.000 dan ngasih kunci gembok untuk locker, sandal ruangan, welcome drink, voucher breakfast dan handuk bagi yang mau meminjam. Di deket pintu masuk akan disediain rak sepatu, bangku panjang, dan payung. Di dalam ruangan harus menggunakan sandal yg telah diberikan jadi ala jepang gitu dalem rumahnya. Free wifi on all floors.

  1. Lantai dasar terdiri dari resepsionis, ruang pakai sepatu, sudut baca dan peta wisata, toilet, pray room, fasilitas 2 komputer dengan kelengkapannya, trus juga ada fasilitas i’ve been here. Sudut bacanya pake lesehan karpet, sofa empuk, dan meja pendek; bacaan yang disediain ada majalah travel, fashion, koran lokal (kompas dan jakarta post), buku-buku pariwisata Indonesia, guide book kayak lonely planet, buku travelingnya backpacker lokal, brosur paket RS Tour & Travel, kartupos khas hostel , dan akan ada peta-peta berbagai wilayah di Indonesia.
  2. Lantai dua terdiri dari dorm cewek, kamar mandi 2 bilik, 1 wastafel dan kaca, 1 tap water (pake pure it aja), 1 sapu dan serok, 1 meja strikaan dan strikanya. Kalau mau sholat bisa ke lantai 1.
  3. Lantai tiga terdiri dari dorm cowok, kamar mandi 2 bilik, 1 wastafel dan kaca, 1 tap water, 1 sapu dan serok. Tapi di lantai ini gak ada setrikaan jadi kalau mau nyetrika bisa ke lantai 2.
  4. Rooftop : sudut rumpi dengan banyak meja dan kursi kayak cafe gitu, tv bersama, taman gantung, wall art, dapur bersama, colokan2, box game tradisional, cafe eat on it (dibikin kayak bar gitu aja, nyediainnya free sarapan, menu lain berbayar.)

Jadi kira-kira fasilitas yang didapet 1 bed with long pillow, AC, breakfast, shared bathroom with heater, free wifi, free iron, free tap water, early or late check in, airport pick up request (Rp40.000/person), welcome drink, gratis titip tas di resepsionis, peta wisata malang, free tea/coffee. Bookingnya bisa via banyak cara misalnya website RBH (nanti bikin yak), telepon, agoda, booking, RS Tour&Travel, hostelbookers, traveloka, dll dengan pembayaran bisa dari ATM, CC, ataupun pay later dengan bayar langsung saat check-in.

Yah pokoknya kurang lebih konsep penginapannya nanti kayak gitu deh, yang terbaik buat para pencari penginapan murah yang nyaman dan asik, hehehe. Mudah-mudahan aja segera bisa terkabul, doain ya! Kan enak kalo punya penginapan kayak gini, selain bisa nolongin para traveler yg lagi cari tempat menginap murah di Malang, juga bisa menyokong dana liburan kita juga nantinya, hehehe.

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. pikavia says:

    Bagus banget idenya @ranselsibungsu ! pas udah jadi, coba jual di airbnb aja (aku bukan endorse kok sis hehe) tp soalnya belum terlalu banyak pilihan penginapan ke indonesia selain bali disitu, kyknya bagus deh kl budget hostel kamu masuk situu 🙂
    Salam,
    Hanifah, pikavia.com

    Like

    1. Thanks kak hanifah! iya pasti nanti kita akan promoin ke beragam website info akomodasi termasuk airbnb kok kalau udah jadi, hehehe. Karena belum banyak, makanya kita semangat banget pingin cepet terealisasi 😀

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s