Tourist Tips : Crossing Indonesia road is not that easy!

This article is written in Bahasa and English, please enjoy!

Haa…. lama gak ngeblog tiba-tiba gatel pengen nulis tips gegara buka website WikiHow dan baca salah satu artikel yang lumayan menggelitik tentang cara menyebrang di kota besar di Indonesia. Kalo dipikir-pikir, emang bener juga ya nyebrang di Indonesia terutama kota besar kayak jakarta tuh susahnya masyaallah dan gak teraturnya bener-bener bikin puyeng. Kalo gak awas bisa-bisa kita jadi korban serempetan bahkan tabrak lari! Mending keserempet ferari gitu masih elit, lah kalo keserempet bajay? oke banget ye, hehehe.

Mencoba menyeberang di beberapa kota di negara ini memang sedikit berbeda dengan budaya menyeberang di negara lain. Pengalaman sih nyebrang di Singapura memang yang paling teratur, harus nunggu lampu jadi ijo dulu, mencet tombol nyebrang dulu, ribet tapi aman dan nyaman. Agak beda sih sama nyebrang di Kuala Lumpur, agak lebih asal tapi gak sembarangan. Maksudnya, nyebrang memang di tempatnya tapi gak perlu nunggu lampu nyebrang jadi ijo dulu, asal jalan sepi oke aja nyebrang. Nah, kalo buat di negeri ini banyak yg bilang nyebrang di jalan rayanya itu sulit, tapi ternyata supaya paling nggak bisa terhindar dari marabahaya, ada beberapa tips nih dari wikihow yang barusan kubaca, disimak dan diterapkan ya! These are the steps how to cross the road in Indonesia:

FIRSTLY, give your full attention to what you’re doing. 

The immediate concern is the lane nearest you and a little less, the next one. To think of the entirety of your undertaking is like proposing to live a lifetime in a day: you just can’t do it. Yes, yang paling penting kamu fokus dulu kalo lagi di jalan raya dan perhatiin jalur kendaran yang paling deket dari tempat kamu mau nyebrang juga dari arah belakangnya (terutama kalau banyak pengendara motor). Dan jangan nungguin sampai jalanannya bener-bener sepi, gak bakalan deh kecuali malem sih. Waktu paling oke buat nyebrang itu kalau agak lengang dan jarak kendaraan yang mau lewat masih agak jauh.

Look for the narrowest strip of road.

Scout about 100 yards (91.4 m) or more upstream and downstream of where you want to cross. The narrow portions usually result in backed-up traffic which chokes vehicles and motorcycles. They also give you the shortest distance to the road median where there are slightly better odds of safety. Kalau mau aman dan terjamin (katanya sih ada biaya asuransi kalau seandainya kena tabrak), carilah zebra cross terdekat dan menyebranglah. Ini cara internasional yang memang harus kamu terapin. Kalau gak nemu ya cobalah menyebrang diantara mobil yang sedang terkena macet, setidaknya kendaraan dibelakangnya akan memelankan kendaraan.

Be very wary of motorcycles.

They are the unpredictable factor of road traffic and are likely to be aggressive and downright deadly. They will gun their engines at the slightest hint of open space so stay alert even when crossing a space that has opened between larger vehicles. Other than Jakarta, motorcycles are also tolerated by the police when they ride on the wrong side of the road, including sidewalks. So, when crossing, look to both sides of the road, regardless on the lane you are on. Yah, motor emang paling mematikan dan masalahnya jumlahnya banyak banget di jalan! Jadi kalau mau nyebrang, gak bisa cuma toleh kanan aja pas di alur kendaraan yg dari kanan tapi juga jangan lupa toleh kiri karena banyak motor-motor denganotakpemiliknyayangkampret yang lawan arah.

Take advantage of traffic jams but keep an eye out for motorcycles trying to squeeze between vehicles.

This means that even when you’re squarely on one side of the road going in a particular direction, you have to remain alert for motorcycles when crossing between the lanes of that side, even when the cars have stopped. Nah seperti yang tadi ku bilang, cobalah nyebrang dibelakangnya mobil yang terjebak macet tapi tetep hati-hati karena banyak motor yang seneng nyelip-nyelip. *kykgwgitudehhehe

Take advantage of meridian islands, street light posts, and any barriers.

Stay behind them, particularly when caught by the traffic light. Be willing to stay on the meridian if stranded there, but heaven help you––try to never be caught at an unprotected meridian. Catet nih!

Have infinite patience.

Do not force a crossing when your mind and your gut tell you not to. This may sound like New Age advice, but you’ll know when it’s not right to cross. Nyebrang di jalanan Indonesia emang harus percaya insting! Kalo kamu ngerasa belum waktunya nyebrang ya jangan nyebrang, kudu sabar, tetep perhatikan jalanannya biar selamat.

Look for stop lights, if any, but also consider the hour.

Traffic lights are usually respected during work hours and when the cops are around. Nevertheless, stay wary and don’t bet your life on the light. Expect motorists to be trying to beat the light. Karena nyebrang di perempatan atau pertigaan lampu merah adalah cara aman dan santai, biasanya sih kalau jam padat lalu lintas selalu ada pak polisi yg jaga di lampu merah jadi kamu bisa dengan tenang menyebrang.

Cross only where you have a clear view of oncoming traffic.

Avoid blind curves just after stoplights, and do not cross where the road bottoms out from an extended downhill drive. Jangan nyebrang di belokan, bukan cuma karena kita ga bakal keliatan dengan jelas kendaraan yang akan lewat, tapi juga biasanya pengendara tidak menyadari akan ada penyebrang di bagian belokan jalan.

Know what time of day it is.

At certain times, traffic cops will allow vehicular traffic to go the wrong way, just to ease the volume. You have to know when they have done this as regular traffic will switch lanes at those times, or the traffic cops will have drifted off to other sections of the road, and you could get squished for being unaware the traffic direction had shifted. Menyebrang di jam padat lalu lintas (biasanya jam berangkat dan pulang kerja) kudu ekstra hati-hati, mood pengendara di jam-jam ini biasanya ‘pengen cepet sampe tujuan’ belum lagi para polisi yang agak melonggarkan peraturan supaya macet cepat terurai bikin jalan raya tidak aman bagi pejalan kaki.

Ada beberapa tips disini yang kurang menurutku : use the bridge crossing if there is available near you, jangan nekatlah nyebrang di jalan besar kalau memang ada jembatan penyebrangan di dekatmu, lebih baik capek sedikit daripada jadi korban kecelakaan kan? And then, don’t run, hurry, and put your hand up when cross the road. Ga usah malu angkat tangan kalau nyebrang, ga dipandang aneh kok dan yang peting jangan lari kalo nyebrang apalagi gugup sampai berenti mendadak di tengah jalan, jalan santai aja dan jalan terus.

Kalo liat-liat, banyak juga ya siasat untuk nyebrang di negara ini sudah gitu masih banyak pula pelanggar aturan menyeberang terutama di jalur yang sudah disediakan fasilitas menyeberang, bikin makin gak tertib aja, bikin malu juga sampai harus bikin tips-tips begini untuk wisatawan. Yah semoga kedepannya para pengguna jalan di negeri ini bisa lebih tertib taat aturan dan fasilitas lalu lintas juga semakin lengkap dan tidak cuma jadi pajangan jalan. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s